5 Cara Memilih Backlink bagi Pemula

Ketika berbicara tentang backlink, banyak blogger dan pakar SEO mengatakan bahwa hal tersebut sangat bermanfaat untuk menarik lalu lintas organik dari mesin pencari. Anda bisa memiliki dampak besar pada optimasi SEO website. Backlink itu sendiri adalah adalah tautan yang mengarah ke situs web Anda. Sebagai pemula, ketahui manfaat dan cara memilih backlink berikut ini.

5 Cara Memilih Backlink bagi Pemula
5 Cara Memilih Backlink bagi Pemula

Pentingnya Backlink untuk Website

Backlink bisa menghadirkan berbagai manfaat untuk website maupun blog. Anda bisa memperoleh kemudahan lalu lintas dan kualitas website. Berikut beberapa manfaatnya :

1.     Untuk Otoritas Blog

Dengan backlink dari berbagai website populer yang kredibel, akan sangat cocok untuk meningkatkan SEO website Anda. Ini juga membantu membangun otoritas blogging, sehingga Google atau search engine lainnya mengenali bahwa link yang Anda tautkan adalah indikator baik dari situs web Anda. Dapat berarti pula bahwa Anda memberikan informasi yang berguna.

2.     Traffic Referral

Lalu lintas situs web biasanya berasal dari mesin pencari seperti Google, Bing, dan lainnya. Maka dari itu, Anda dapat menggunakan backlink untuk mendapatkan lalu lintas referensi dari situs tersebut. Artinya, ketika pengguna internet mengklik tautan di konten, mereka secara otomatis mengunjungi situs web Anda.

3.     Meningkatkan Peringkat Website

Backlink tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan traffic kunjungan, tetapi juga dapat meningkatkan peringkat website di mesin pencari. Pada dasarnya, Google juga memeriksa kualitas backlink, apakah itu spam atau tautan yang dibuat secara alami. Maka dari itu, penting pula untuk membangun backlink berkualitas.

Cara Memilih

Tentunya untuk membangun website yang berkualitas, Anda perlu menggunakan backlink dengan baik dan konsisten. Cara ini termasuk dalam teknik SEO off-page yang berdampak positif bagi website Anda. Oleh karena itu, Anda harus lebih selektif dalam memilih backlink.

1.     Periksa Domain

Cara memilih backlink yang utama tentu memeriksa domain. Anda harus melakukan pemeriksaan domain sebelum dapat membeli atau memilih backlink gratis. Cek domain authority, page authority, waktu berlalu domain, serta sumber backlink yang terpasang di domain. 

Anda bisa mengeceknya secara gratis menggunakan tools atau menggunakan layanan backlink checker berbayar agar lebih aman. Dari domain, Anda bisa mengetahui apakah Google menganggapnya spam atau aman. Penting untuk teliti dalam pengecekan ini.

2.     Strategi Branded

Jika Anda menggunakan teknologi SEO untuk memilih backlink berkualitas, coba kembangkan strategi berikut. Strategi ini berupa membangun tautan dari sumber yang lebih lama. Anda dapat mengamati website yang sudah memiliki keunikan dan pengunjung tetap tertentu. Cara ini efektif termasuk ketika memilih backlink dari website dengan topik serupa.

3.     Guest Post

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan guest posting. Ini adalah metode gratis yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kualitas situs web berdasarkan SEO. Anda bisa mencari di berbagai komunitas blog online atau menghubungi jasa secara langsung. 

4.     Pilih Konten Unik

Konten yang unik dari suatu website berpotensi menjangkau banyak pengunjung. Dengan memilih backlink dari konten unik yang bermanfaat, kualitas posting-an Anda dapat dinilai sama baiknya. Anda juga harus terpacu untuk membuat konten yang tak kalah unik.

5.     Gunakan Tools Berbayar

Ini mirip dengan poin pertama namun perbedaan terletak pada penggunaan tools berbayar. Analisis kata kunci backlink terperinci menggunakan tools berbayar cukup akurat. Tools tersebut biasanya memiliki harga terjangkau dan memiliki banyak fitur untuk mengecek backlink secara detail.

Itu dia beberapa manfaat dan cara memilih backlink yang bisa Anda ketahui. Sebagai pemula, mempelajari hal-hal seperti diatas penting demi keberlangsungan website. Semoga artikel ini dapat membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.